Selasa, 01 Januari 2013

Laporan Kegiatan dari Pemilihan Calon Ketua OSIS sampai LDK OSIS MTs N Ketanggungan


Tak terasa waktu berjalan sangat cepat. Kepengurusan OSIS periode 2011/2012 pun sudah berakhir. Waktu terus saja berjalan. Tak memikirkan siapa saja yang tertinggal olehnya. Tak ingin ketinggalan, kepengurusan OSIS lama melakukan Pemilihan calon ketua OSIS sebagai langkah awal menuju terbentuknya kepengurusan OSIS yang baru.
Agar dapat terbentuk kepengurusan OSIS yang baru, pengurus OSIS lama mengadakan seleksi. Banyak tahap yang dilewati oleh tiap-tiap pesertanya. Pada tahap paling awal, dilaksanakan 2 hari seleksi. Yaitu pada hari Rabu dan  Kamis tepatnya pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2012.
Pada tahap pertama, tahap yang paling awal dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2012. Ada 40 peserta kelas 8 dan 50 peserta kelas 7. Peserta kelas 8, menjawab 5 pertanyaan yang di berikan panitia dalam waktu 5 menit. Setelah menjawab pertanyaan, kelas 8 dan kelas 7 mengikuti seleksi gerakan dasar PBB.
Pada tahap kedua  masih dalam seleksi paling awal, tepatnya Kamis 18 Oktober 2012 dilakukan 2 kegiatan seleksi. Yang pertama yaitu PBB dan yang kedua yaitu permainan. permainan yang ada diantaranya yaitu permainan balon, permainan kelereng, permainan karet dan permainan air. Untuk kegiatan permainan ini dilaksanakan di area MTs N Ketanggungan.
Tujuan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk menjaring 20 peserta dari kelas 7 yang akan dijadikan pengurus OSIS dan 25 peserta dari kelas 8 yang dikonsentrasikan pada pemilihan ketua OSIS.
Pada Sabtu 20 Oktober 2012, seluruh BALON ketua OSIS dikumpulkan untuk menerima hasil seleksi tahap yang paling awal ini. Pada tahap ini, kelas 8 hanya diambil 25 peserta saja. Adapun yang mendapatkan nilai tertinggi pada seleksi kali ini adalah  Naeli Lutfiani dari kelas VIII A dengan skor nilai 41.
Seleksi pun berlanjut. Pada tahap kedua ini, hari Kamis  25 Oktber 2012. Ada 4 tes yang harus di lewati. Diantatranya yaitu Leadership yang diampu oleh bapak Abdul Basit, Organisation oleh bapak sudirman, keagamaan oleh bapak A. Saekhu AS dan Problem soulving oleh bapak Muhaimin. Tes ini terbagi menjadi 2 tempat. Untuk Leadership dan Organisation,  bertempat di Aula MTsN Ketanggungan sedangkan keagamaan dan problem soulving bertempat di Mushala MTsN Ketanggungan.
            Pada seleksi tahap kedua ini, didapatkaan 6 anak yang masuk akan menjadi calon ketua OSIS dan sudah dipastikan menjadi 6 inti pengurus OSIS. 6 anak itu yaitu Assyifauz Zahro kelas VIII, Nelita Indah Islami dari VIII B, Rista Ni’matul Maula dari VIII B,  Desi Safitri dari VIII B, Syathori dari VIII B dan Naeli Lutfiani dari VIII A.
            Ke-6 anak ini diberi waktu 2 hari untuk menyusun Visi dan Misi masing-masing. Visi dan Misi itu sebagai modal utama untuk membuat pidato yang akan di bawakan pada kampanye nanti. Setelah menyusun Visi dan Misi, 6 anak calon ketua OSIS diarahkan berlatih pidato. Pengarahan ini diberikan oleh Bapak AbdulBasit, Bapak Atik Sukio dan Bapak Ii Fakhruri.
            Kamis, 1 November  menjadi  hari yang mungkin tak terlupakan bagi 6 anak calon ketua OSIS. Hari ketika mereka berkampanye di depan seluruh siswa-siswi yang bertempat di lapangan MTsN Ketanggungan. Pada hari itu, siswa-siswi dapat menilai siapa yang pantas menjadi ketua OSIS periode 2012/2013. Ke-6 anak ini berkampanye secara urut sesuai nomor urut. Yang mendapat nomor urut 1 yaitu Desi Safitri, ke-2 yaitu Nelita Indah Islami, yang ke-3 yaitu Syathori, yang ke-4 yaitu Naeli Lutfiani, yang ke-5 yaitu Assyifauz Zahro dan yang ke-6 yaitu Rista Ni’matul Maula.
            Setelah menjalani proses berkampanye secara langsung, selanjutnya yaitu kampanye secara tidak langsung yang dilakukan selama beberapa hari. Kampanye ini berupa poster-poster kandidat calon ketua OSIS yang dipasang  di area MTsN Ketanggungan.
            Dan akhirnya setelah melewati proses yang begitu panjang, pada tanggal 5 november diadakan pemilu raya untuk memilih siapa yang akan menjadi Ketua OSIS nantinya. Setiap kelas mewakilkan 10 orang anggotanya untuk memilih kandidat calon kea OSIS. Pemilihan ini berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 10.00 WIB. Setelah menunggu waktu yang sekian lama dan cukup melelahkan, waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Yaitu  penghitungan suara. Setelah dihitung, diperoleh hasil Desi dengan 32 turus, Nelita dengan jumlah 141 turus, Syathori dengan 34 turus, Naeli 1 turus, Syifa dengan 44 turus  dan Rista dengan 21 turus. Dengan begitu, Nelita sudah pasti menjadi Ketua OSIS. Setelah itu 6 anak ini mengadakan rapat. Hasil  rapatnya menunjukkan Nelita sebagai ketua, Syifa sebagai wakil, Desi sebagai sekretaris I, Syathori sebagai sekretaris II, Rista sebagai bendahara I dan Naeli sebagai bendahara II.
            Kegiatan terus berlanjut. Dilanjut dengan kegiatan pelantikan pengurus OSIS yang baru. Dengan pelantikan ini, itu berarti masa kepengurusan OSIS yang lama telah berakhir. Pelantikan diadakan pada tanggal 12 november 2012 saat upacara hari senin di lapangan MTsN Ketanggungan. Sebelum pelantikan, seluruh pengurus OSIS yang lama dan yang baru melakukan latihan. Latihan dilaksanakan selama 3 hari. Yaitu hari Rabu, Kamis dan Jum’at. Acara pelantikan diisi dengan penyerahan pataka OSIS dari pengurus OSIS lama ke pengurus OSIS baru, ikrar pengurus OSIS, penandatanganan surat serah terima kepengurusan, dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.
            Setelah pelantikan, target berikutnya adalah LDK. LDK ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tangal 24-25 November 2012. LDK kali ini dilaksanakan dialam terbuka. Tepatnya di desa Surnya indah, Grinting kecamatan Bulakamba. Peserta LDK ada 85 orang yang terdiri dari 60 peserta kelas 7 dan 8 serta 25 peserta kelas 9. Kelas 9 disini bertugas untuk mendampingi kelas 7 dan kelas 8. Perjalanan dari MTsN Ketanggungan sampai ke lokasi kira-kira 1 jam perjalanan. Setelah sampai, pengurus OSIS langsung mendirikan tenda dengan kelompok masing-masing. Setelah pendirian tenda, ada upacara pembukaan. Dilanjut dengan materi-materi yang disampaikan oleh pembina-pembina OSIS. Pada malam hari, pengurus OSIS dan pembina sengaja berpindah tempat ke pemukiman rumah warga dikarenakan terjadi hujan lebat yang tidak memungkinkan untuk bermalam di tenda. Pada malam harinya, ada materi yang tentang pengembangan koordinator.
            Pada pagi hari, pengurus OSIS dan lainnya menuju ke pantai grinting dengan berjalan kaki serta membutuhkan waktu perjalanan 1 jam lebih. Sampai di tempat, pengurus OSIS dan sebagian pembina berjalan di atas lumpur. Hal ini bertujuan untuk menguatkan mental para pengurus OSIS. Karena terjadi suatu hal, kegiatan di lumpur ini dihentikan. Dan pengurus OSIS kembali dan melaksanakan upacara penutupan.
            Perjalanan yang sangat panjang tak terasa telah di lalui bersama-sama. Letih, panas, sakit, luka, kotor dan lainnya dirasakan bersama-sama. Sungguh, tak pernah terlupakan kenangan masa-masa beralihnya kepemimpinan OSIS yang lama ke OSIS yang baru. Semoga dapat diambil manfaatnya. Amieeennnnnnnn...............
                                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar